Halo!! Apa kabar semua? Semoga baik-baik saja ya. Kembali lagi gue ingin menuangkan apa yang ada dipikiran gue tentang SCAMPER. Pasti ente-ente semua bingung kan apa itu SCAMPER?

Tanpa banyak babibu nih, langsung ke inti nya aja kali yee biar ga lama hahahaha..

Nah, jadi SCAMPER itu adalah sebuah gagasan yang berisi terdiri dari ide-ide untuk menghasilkan sesuatu yang kretif, inovatif, dan tentunya menambah nilai jual dari suatu barang. Perusahaan yang akan gue coba untuk di-SCAMPER-kan adalah Apple. Yah, emang tidak bisa dipungkiri sih, Apple itu adalah salah satu perusahaan yang terus melakukan inovasi di setiap kemunculannya. So, ini dia nih si jali-jali…

Apple

Untuk lebih jelas bagaimana hubungan SCAMPER dengan Apple, gue bakal ngebahas setiap aspek dari SCAMPER itu sendiri..

  • S (SUBSTITUTE)

Secara harfiah, substitute berarti mengganti. Nah, kalo kita hubungin dengan Apple, maka ini akan merepresentasikan bagaimana Apple                 bisa menyulap semua kesulitan yang muncul untuk mendengarkan musik menjadi kemudahan produk mereka, iPod. Dengan iPod, orang                   yang dulu repot bawa CD Player atau Discman sekarang ga usah susah dan ribet lagi karena IPod bentuknya kecil dan trendy..

iPod Nano

  • C (Combine Your Idea)

iPod + Nike

Apple yang terus melakukan development produk akhirnya bekerja sama dengan Nike yang kemudian menghasilkan sebuah produk yang memungkinkan para pengguna mereka mendengarkan musik sambil berolahraga. Menurut gue sih kombinasi ini cukup cerdik mengingat setiap orang pasti suka berolah raga dan mendengarkan musik dan bukan tidak mungkin kedua hal itu dilakukan secara bersamaan.

 

 

 

 

 

  • A (Adapt)

Untuk bagian Adapt, yang bisa dipetik dari Apple adalah bagaimana mereka selalu berusaha memudahkan para penggunanya lewat iPod                  dengan compatibility nya untuk dioperasikan lewat sentuhan atau touch screen. Jadi, orang tidak perlu lagi memakain pointer.

  • M (Modify)

Setalah berhasil menarik minat masyarakat dengan iPod dan iTouch serta iPhone, Apple lagi-lagi tidak kehabisan ide untuk terus                                melakukan product development dengan meluncurkan iPad. Ipad ini hampir sama dengan ketiga varian produk di atas, hanya saja                              ukurannya yang lebih besar dan dilengkapi dengan teknologi wi-fi dan berbagai macam fitur lainnya.

iPad

  • P (Put to Other Use)

Seperti yang udah gue kemukakan sebelumnya, Apple selalu melakukan product development setiap tahunnya. Pada awalnya, mereka                         menciptakan iPod yang kemudian fungsinya ditambah dengan aplikasi-aplikasi seperti games, software editing dan aplikasi-aplikasi                         lainnya lewat iTouch.

  • E (Eliminate)

Eliminate disini menurut gue bisa diartikan sebagai kemampuan untuk mengeliminasi produk sebelumnya dan menggantinya dengan                        produk yang baru. Untuk Apple, khususnya iPod, para pengguna cenderung lebih memilh generasi yang terbaru atau malah memilih                            iTouch. Ini membuktikan bahwa Apple bisa mengeliminasi produk yang sudah ketinggalan dan menggantinya dengan produk yang baru.

  • R (Reverse)

Untuk yang terakhir ini, intinya adalah Apple bisa mentransfromasikan semua kesulitan dan ketidakpraktisan menjadi sesuatu yang                          mudah dan menyenangkan lewat produk mereka yang dilengkapi dengan teknologi canggih dan mutakhir.

 

Oke deh, segitu dulu aja pembahasan gue mengenai SCAMPER yang diwakili lewat Apple. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat. Ciao..

Advertisements