Hai semua!! Untuk post kali ini, gue bakal mengulas topik yang berjudul Business Model..

 

Apa itu Business Model?

Business model adalah suatu bagan yang menjelaskan bagaimana sebuah organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai yang ada seperti ekonomi, sosial, budaya, dan lain sebagainya untuk kemudian menerapkan strategi bisnis yang tepat sasaran kepada para penggunanya.

Nah, kali ini gue akan mencoba menelaah business model dari Facebook.

 

Facebook Business Model

So pasti kan nih ente-ente semua pada punya account facebook? Gue rasa sih begitu hahahaha. Tanpa kita sadari, Facebook telah menjadi trend tersendiri di kalangan masyarakat era modern, khususnya mereka yang telah mengenal internet. Baik itu pria atau wanita, tua atau muda, ganteng atau cantik, mereka semua pasti hampir setiap hari membuka account mereka entah itu mengecek status, news update, atau hal-hal lainnya.

Facebook berusaha menempatkan diri mereka sebagai situs jejaring sosial yang memiki aplikasi lengkap dengan berbagai macam fitur di dalam nya dan juga kemudahan-kemudahan lainnya. Disamping itu, originalitas dari Facebook sendiri tidak perlu diragukan karena banyak dari kita yang telah menggunakannya dan juga kelebihan-kelebihan lain yang tidak dimiliki situs jejaring sosial yang lain.

Di dalam perusahaannya, Facebook menggandeng beberapa partner untuk membantu mereka mengembangkan isi dari Facebook itu sendiri dan tentunya sebagai sarana promosi dengan membuat lay-out mereka menjadi lebih menarik.

Sedangkan dari segi biaya, mereka mengeluarkan operating cost, marketing cost, labor cost, dan lain-lain yang akhirnya kembali kepada mereka sebagai pendapatan lewat advertising, sponsor, dan volunteer yang bersedia membantu Facebook menjadi lebih baik.

Terakhir, yang membuat Facebook tidak ditinggalkan para penggunanya, ini adalah berkat kemudahan akses yang ditawarkan Facebook untuk meningkatkan loyalitas dan kesetiaan para user mereka.

Mungkin segitu dulu penjelasan ane mengenai Business Model dari Facebook. Kalo ada salah-salah kata mohon dimaafin yee. Terima kasih..

 

 

 

 

 

Advertisements