Hai!! Tanpa banyak basa-basi, tulisan gue kali ini akan membahas tentang apa itu Open Innovation dan Open Busines Model. Agak berbobot sih emang, tapi seru juga sih hahaha. Oke, go ahead..

Setelah gue browsing kesana-sini akhirnya gue bisa menyimpulkan apa itu Open Innovation secara garis besar. Nah, Open Innovation itu adalah sebuah gagasan baru yang menyatakan bahwa sebuah perusahaan seharusnya tidak terpaku dengan hanya menggunakan sumber daya di dalam perusahaan saja, tetapi juga dari luar yang memungkinkan munculnya ide inovasi baru demi kemajuan perusahaan itu sendiri.

Seiring dengan berjalannya waktu, ide-ide inovasi yang dulu dimiliki oleh sumber daya luar atau perusahaan kecil bisa diimplementasikan dengan ide-ide dari perusahaan besar lewat R&D Departement nya. Perusahaan yang dulunya tertutup terhadap ide-ide dari luar, dengan adanya Open Innovation ini, bisa mengadopsi ide tersebut dan perusahaan/orang yang memberikan bisa kemudian dijadikan mitra berbisnis untuk mencapai perkembangan yang lebih signifikan.

Kurang lebih bisa diliat dari gambar di bawah ini nih bro..

 

Nah, dengan open innovation, pemikiran yang tadinya tidak pernah terbersit di dalam pikiran orang-orang dalam perusahaan akan muncul dengan bantuan orang-orang dari luar. Kadang emang iklim kerja yang monoton bisa bikin pikiran orang stagnan dan ada kalanya mereka jenuh sampai akhirnya tidak bisa menghasilkan ide yang kreatif. Open Innovation juga bisa berguna sebagai pembuka jalan untuk melakukan pengembangan bisnis yang tidak pernah terjamah  ke arah yang lebih menjanjikan di kemudian hari.

Contoh yang menggunakan open innovation adalah Toshiba..

Toshiba

Toshiba merupakan salah satu perusahaan yang melakukan open innovation diantara banyak perusahaan di dunia. Mereka tidak sungkan untuk merekrut orang-orang yang mempunyai ide brilian yang berhubungan dengan produk mereka.  R&D dari Toshiba biasanya membuat sebuah announcement yang berisi berita yang menyatakan bahwa mereka sedang mencari seseorang atau perusahaan yang mempunyai ide segar terhubung dengan produk mereka. Apabila sesuai dengan visi dan misi perusahaan, mereka akan merekrut dan menjadikan mereka mitra dalam berbisnis.

Lalu, apa bedanya denga Open Business?

Pada dasarnya Open Business itu ga jauh beda dengan Open Innovation. Jadi, Open Business adalah melakukan bisnis dengan cara yang transparan dan berkolaborasi dengan publik secara transparan sehingga mengurangi resiko yang ada

Contohnya adalah..

Microsoft

Microsoft adalah salah satu perusahaan yang melakukan open business. Salah satu buktinya adalah mereka mempunyai jasa delivery service dan mereka menggandeng FEDEX dalam pendistribusian produk-produk mereka. Microsoft juga mempunyai milis dimana customer bisa memberikan saran yang sifatnya membangun yang kemudian diaplikasikan di kemudian hari.

 

Oke, mungkin segitu aja tulisan gue tentang Open Innovation dan Open Business ini. Kalo ada salah-salah harap maklum ye, namanya juga belajar hahaha. Ciao!!



 

Advertisements