Yak tulisan gue kali ini akan berbicara tentang sebuah negara yang menurut gue tidak henti-hentinya melahirkan inovasi-inovasi yang sangat ciamik dan tidak pernah di duga sebelumnya. Negara ini terletak di kawasan Asia bagian Timur, apalagi kalau bukan, JAPAN…

Nippon

Kenapa menurut gue Jepang pantas disebut sebagai salah satu negara yang kreatif? Itu karena Jepang selalu menghadirkan hal-hal baru hampir di semua aspek dan bidang yang ada di dalam kehidupan. Dengan luas wilayah yang relatif kecil dan kondisi alam yang cenderung buruk tentu saja memaksa masyarakat Jepang untuk terus berpikir bagaimana caranya agar bisa survive. Hal ini lah yang secara tidak sadar membuat mereka terus berpikir dan berpikir sampai akhirnya timbul ide-ide brilian untuk menyiasati itu semua.

Gue ambil contoh di bidang transportasi. Seperti yang kita tahu, di Jepang ada sebuah terobosan berupa kereta api super cepat yang diberi nama Shinkansen. Kereta ini adalah salah satu bentuk realisasi ide cemerlang dari para pakar transportasi di Jepang  untuk menanggulangi masalah kemacetan yang lumrah terjadi di kota-kota besar seperti Tokyo. Kereta ini didesain sedemikian rupa dengan bentuk yang sangat aerodinamis sehingga mampu melaju dengan sangat cepat dan mempersingkat waktu tempuh yang biasanya 1 jam menjadi 20-30 menit saja. So, here’s the picture of the mighty Shinkansen..

The Fastest Train
The Fastest Train

Di Negara Barat, inovasi dihasilkan oleh orang yang disebut jenius dalam bidang masig-masing. Akan tetapi di Jepang, kebanyakan inovasi dihasilkan oleh tim pengelola dan pekerja golongan menengah dalam organisasi manapun ataupun perusahaan. Dengan kata lain, inovasi dihasilkan melalui kerja sama tim dan bukan individu.

Dalam organisasi Jepang, dibentuk berbagai tim kerja untuk memunculkan ide baru yang kreatif. Pembicaraan dalam suatu tim dan semangat kesetiaan kepada perusahaan yang selalu dipupuk mampu menghasilkan kerja yang inovatif. Mereka menyumbangkan ide untuk kemajuan perusahaa mereka.

Ada sebuah perusahaan Matsushita Electric yang pernah di klaim sebagai perusahaan yang suka meniru produk milik perusahaan lain. Tidak terima dengan sebutan itu, perusahaan ini pun akhirnya mampu menbuat sebuah inovasi baru yaitu mesin pembuat roti otomatis pertama di dunia yang kemudian disebut Home Bakery. Penemuan ini tentu saja merubah image Matsushita Electric menjadi perusahaan yang sangat inovatif.

Home Bakery

Secara tidak langsung, sebutan ini mendorong pekerja untuk menghasilkan berbagai ide baru sehingga menjadikan perushaan ini sebagai salah satu perusahaan perangkat listrik terbesar dan terdepan. Oleh karena itu lah, perusahaan di Jepang selalu mendorong pekerjanya untuk menyumbangkan ide mereka. Setiap ide selalu dipertimbangkan, meskipun itu berasal dari pekerja yang tidak memiliki jabatan penting.

Oke deh segitu aja mungkin ulasan gue mengenai negara ter-inovatif versi gue. Sampai jupa di topik berikutnya tentunya dengan bahasan yang lebih menarik dan edukatif hahaha. Sampa jumpa!

Advertisements